Home arrow Berita/Artikel arrow Islami arrow Salman Al-Farisi RA. Sang Pencari Kebenaran
Undangan Pernikahan
Assalamu'alaikum Wr Wb...

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan mahluknya berpasang-pasangan. Dengan ini saya mengundang kepada seluruh sahabat, rekan/teman atau pengunjung website agar berkenan menghadiri acara akad dan resepsi pernikahan saya dengan kekasih tercinta Ema Ristianti :) yang insyaAllah akan dilaksanakan pada:

hari: Sabtu, 20 Desember 2008
waktu: Pkl. 09.00 15.00 WIB
tempat: RM. Ponyo, Jl. Raya Cinunuk No. 186, Cileunyi, Bandung.

Adalah suatu penghargaan yang terindah jika Bapak/Ibu/Saudara/Saudari berkenan hadir dan memberikan doa restunya agar kami mendapatkan barokah.

Untuk lebih lengkapnya silahkan buka wedding.suhaemi.org atau klik menu My WEDDING. Mohon maaf bagi para sahabat, handai taulan, rekan dan teman yang belum mendapatkan undangan tertulis, bukan maksud saya melupakan, melainkan karena keterbatasan, cukup kiranya melalui undangan di internet ini sebagai penggantinya.

Salam,

Husam & Ema  Details...

Boleh jadi engkau mengasingkan diri
Tetapi hidup tetap terasa pahit di hati
Boleh jadi engkau rela....
Padahal orang lain murka
Engkau membangun,.
dan orang lain merobohkan,
Antara diriku dan alam ada kerusakan..

Jika di hatimu ada cinta..
Segala sesuatu tidak lagi bermakna
Sebab tak ada yang lebih tinggi dari debu
melainkan debu itu juga

Jika ada cinta di hatimu..
Semuanya tidak akan lagi bermakna
Sebab apa yang ada di atas tanah,
akan tetap menjadi tanah..

  Details...

Download NFSP!

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Melalui website ini saya mencoba mengaktualisasikan diri saya dalam rangka berbagi informasi dan pengetahuan kepada seluruh pengguna internet.
Karena bukankah pengetahuan yang dibagi justru akan menjadi ladang amal bagi kita?...
Dalam web ini saya menampilkan kumpulan-kumpulan artikel yang "bertebaran" di dunia internet.
Mohon maaf jika penulis aslinya adalah anda dan kebetulan saya tidak mencantumkan nama asli anda pada artikel tersebut.
Dan jika memang anda-lah penulis aslinya, jangan sungkan untuk kirim pesan kepada saya untuk dicantumkan nama anda dalam karya anda tersebut.
Karena hasil cipta karya seseorang adalah sangat mahal dan tak ternilai harganya.
Sudah saatnya kita menghargai hasil cipta karya sesama umat manusia.
Semoga Indonesia tambah jaya...

Salam hangat,
Husam Suhaemi

  Details...

Wilujeng Sumping
HusamSuhaemi.JPG
Menu Utama
Home
My WEDDING
.:[ E m b u n ]:.
Berita/Artikel
Blog
Links
Hubungi Saya
Cari
Daftar Riwayat Hidup
-MP3 Player-
Info Beli
Info Jual
Gallery
Admin
Login Form
Nama pengguna

Kata sandi

Simpan informasi login di situs ini
Lupa kata sandi anda?
Search di Google
Web suhaemi.org
Kisah Shabat Rosul

SALMAN AL-FARISI RADHIYALLAHU 'ANHU

(Pencari Kebenaran)

Sumber: Milist/Anonymous

Dari Persi datangnya pahlawan kali ini. Dan dari Persi pula Agama Islam nanti dianut oleh orang-orang Mu'min yang tidak sedikit jumlahnya, dari kalangan mereka muncul pribadi-pribadi istimewa yang tiada taranya, baik dalam bidang kedalam ilmu pengetahuan dan ilmuan dan keagamaan, maupun keduniaan.

Dan memang, salah satu dari keistimewaan dan kebesaran al-Islam ialah, setiap ia memasuki suatu negeri dari negeri-negeri Allah, maka dengan keajaiban luar biasa dibangkitkannya setiap keahlian, digerakkannya segala kemampuan serta digalinya bakat-bakat terpendam dari warga dan penduduk negeri itu, hingga bermunculanlah filosof-filosof Islam, dokter-dokter Islam, ahli-ahli falak Islam, ahli-ahli fiqih Islam, ahli-ahli ilmu pasti Islam dan penemu-penemu mutiara Islam.

Ternyata bahwa pentolan-pentolan itu berasal dari setiap penjuru dan muncul dari setiap bangsa, hingga masa-masa pertama perkembangan Islam penuh dengan tokoh-tokoh luar biasa dalam segala lapangan, baik cita maupun karsa, yang berlainan tanah air dan suku bangsanya, tetapi satu Agama. Dan perkembangan yang penuh berkah dari Agama ini telah lebih dulu dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, bahkan beliau telah menerima janji yang benar dari Tuhannya Yang Maha Besar lagi Maha Mengetahui. Pada suatu hari diangkatlah baginya jarak pemisah dari tempat dan waktu, hingga disaksikannyalah dengan mata kepala panji-panji Islam berkibar di kota-kota di muka bumi, serta di istana dan mahligai-mahligai para penduduknya.

Salman radhiyallahu 'anhu sendiri turut menvaksikan hal tersebut, karena ia memang terlibat dan mempunyai hubungan erat dengan kejadian itu. Peristiwa itu terjadi waktu perang Khandaq, yaitu pada tahun kelima Hijrah. Beberapa orang pemuka Yahudi pergi ke Mekah menghasut orang-orang musyrik dan golongan-golongan kuffar agar bersekutu menghadapi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan Kaum Muslimin, serta mereka berjanji akan memberikan bantuan dalam perang penentuan vang akan menumbangkan serta mencabut urat akar Agama baru ini.

Siasat dan taktik perang pun diaturlah secara licik, bahwa tentara Quraisy dan Ghathfan akan menyerang kota Madinah dari luar, sementara Bani Quraidlah (Yahudi) akan menyerang-nya dari dalam -- yaitu dari belakang barisan Kaum Muslimim sehingga mereka akan terjepit dari dua arah, karenanya mereka akan hancur lumat dan hanya tinggal nama belaka.

Demikianlah pada suatu hari Kaum Muslimin tiba-tiba melihat datangnya pasukan tentara yang besar mendekati kota Madinah, membawa perbekalan banyak dan persenjataan lengkap untuk menghancurkan. Kaum Muslimin panik dan mereka bagaikan kehilangan akal melihat hal yang tidak diduga-duga itu. Keadaan mereka dilukiskan oleh al-Quran sebagai berikut:

Ketika mereka datang dari sebelah atas dan dari arah bawahmu, dan tatkala pandangan matamu telah berputar liar, seolah-olah hatimu telah nakh sampai kerongkongan, dan kamu menaruh sangkaan yang bukan-bukan terhadap Allah. (Q.S. 33 al-Ahzab:l0)

Dua puluh empat ribu orang prajurit di bawah pimpinan Abu Sufyan dan Uyainah bin Hishn menghampiri kota Madinah dengan maksud hendak mengepung dan melepaskan pukulan menentukan yang akan menghabisi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, Agama serta para shahabatnya.

Pasukan tentara ini tidak saja terdiri dari orang-orang Quraisy, tetapi juga dari berbagai kabilah atau suku yang menganggap Islam sebagai lawan yang membahayakan mereka. Dan peristiwa ini merupakan percobaan akhir dan menentukan dari fihak musuh-musuh Islam, baik dari perorangan, maupun dari suku dan golongan.

Kaum Muslimin menginsafi keadaan mereka yang gawat ini, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam-pun mengumpulkan para shahabatnya untuk bermusyawarah. Dan tentu saja mereka semua setuju untuk bertahan dan mengangkat senjata, tetapi apa yang harus mereka lakukan untuk bertahan itu?

Ketika itulah tampil seorang yang tinggi jangkung dan berambut lebat, seorang yang disayangi dan amat dihormati oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Itulah dia Salman al-Farisi radhiyallahu 'anhu!' Dari tempat ketinggian ia melayangkan pandang meninjau sekitar Madinah, dan sebagai telah dikenalnya juga didapatinya kota itu di lingkung gunung dan bukit-bukit batu yang tak ubah bagai benteng juga layaknya. Hanya di sana terdapat pula daerah terbuka, luas dan terbentang panjang, hingga dengan mudah akan dapat diserbu musuh untuk memasuki benteng pertahanan.

Di negerinya Persi, Salman radhiyallahu 'anhu telah mempunyai pengalaman luas tentang teknik dan sarana perang, begitu pun tentang siasat dan liku-likunya. Maka tampillah ia mengajukan suatu usul kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yaitu suatu rencana yang belum pernah dikenal oleh orang-orang Arab dalam peperangan mereka selama ini. Rencana itu berupa penggalian khandaq atau parit perlindungan sepanjang daerah terbuka keliling kota.

Dan hanya Allah yang lebih mengetahui apa yang akan dialami Kaum Muslimin dalam peperangan itu seandainya mereka tidak menggali parit atau usul Salman radhiyallahu 'anhu tersebut.

Demi Quraisy menyaksikan parit terbentang di hadapannya, mereka merasa terpukul melihat hal yang tidak disangka-sangka itu, hingga tidak kurang sebulan lamanya kekuatan mereka bagai terpaku di kemah-kemah karena tidak berdaya menerobos kota.

Dan akhirnya pada suatu malam Allah Ta'ala mengirim angin topan yang menerbangkan kemah-kemah dan memporak-porandakan tentara mereka. Abu Sufyan pun menyerukan kepada anak buahnya agar kembali pulang ke kampung mereka ... dalam keadaan kecewa dan berputus asa serta menderita kekalahan pahit ...

Sewaktu menggali parit, Salman radhiyallahu 'anhu tidak ketinggalan bekerja bersama Kaum Muslimin yang sibuk menggali tanah. Juga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ikut membawa tembilang dan membelah batu. Kebetulan di tempat penggalian Salman radhiyallahu 'anhu bersama kawan-kawannya, tembilang mereka terbentur pada sebuah batu besar.

Salman radhiyallahu 'anhu seorang yang berperawakan kukuh dan bertenaga besar. Sekali ayun dari lengannya yang kuat akan dapat membelah batu dan memecahnya menjadi pecahan-pecahan kecil. Tetapi menghadapi batu besar ini ia tak berdaya, sedang bantuan dari teman-temannya hanya menghasilkan kegagalan belaka.

Salman radhiyallahu 'anhu pergi mendapatkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan minta idzin mengalihkan jalur parit dari garis semula, untuk menghindari batu besar yang tak tergoyahkan itu. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun pergi bersama Salman radhiyallahu 'anhu untuk melihat sendiri keadaan tempat dan batu besar tadi. Dan setelah menyaksikannya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam meminta sebuah tembilang dan menyuruh para shahabat mundur dan menghindarkan diri dari pecahan-pecahan batu itu nanti....

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu membaca basmalah dan mengangkat kedua tangannya yang mulia yang sedang memegang erat tembilang itu, dan dengan sekuat tenaga dihunjamkannya ke batu besar itu. Kiranya batu itu terbelah dan dari celah belahannya yang besar keluar lambaian api yang tinggi dan menerangi. "Saya lihat lambaian api itu menerangi pinggiran kota Madinah", kata Salman radhiyallahu 'anhu, sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan takbir, sabdanya:

Allah Maha Besar! Ahu telah dikaruniai kunci-kunci istana negeri Persi, dan dari lambaian api tadi nampak olehku dengan nyata istana-istana kerajaan Hirah begitu pun kota-kota maharaja Persi dan bahwa ummatku akan menguasai semua itu.

Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengangkat tembilang itu kembali dan memukulkannya ke batu untuk kedua kalinya. Maka tampaklah seperti semula tadi. Pecahan batu besar itu menyemburkan lambaian api yang tinggi dan menerangi, sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertakbir sabdanya:

Allah Maha Besar! Ahu telah dikaruniai kunci-kunci negeri Romawi, dan tampak nyata olehku istana-istana merahnya, dan bahwa ummatku akan menguasainya.

Kemudian dipukulkannya untuk ketiga kali, dan batu besar itu pun menyerah pecah berderai, sementara sinar yang terpancar daripadanya amat nyala dan terang temarang. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun mengucapkan la ilaha illallah diikuti dengan gemuruh oleh kaum Muslimin. Lalu diceritakanlah oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau sekarang melihat istana-istana dan mahligai-mahligai di Syria maupun Shan'a, begitu pun di daerah-daerah lain yang suatu ketika nanti akan berada di bawah naungan bendera Allah yang berkibar. Maka dengan keimanan penuh Kaum Muslimin pun serentak berseru:

Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya .... Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya.

Salman radhiyallahu 'anhu adalah orang yang mengajukan saran untuk membuat parit. Dan dia pulalah penemu batu yang telah memancarkan rahasia-rahasia dan ramalan-ramalan ghaib, yakni ketika ia meminta tolong kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Ia berdiri di samping Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyaksikan cahaya dan mendengar berita gembira itu. Dan dia masih hidup ketika ramalan itu menjadi kenyataan, dilihat bahkan dialami dan dirasakannya sendiri. Dilihatnya kota-kota di Persi dan Romawi, dan dilihatnya mahligai istana di Shan'a, di Mesir, di Syria dan di Irak. Pendeknya disaksikan dengan mata kepalanya bahwa seluruh permukaan bumi seakan berguncang keras, karena seruan mempesona penuh berkah yang berkumandang dari puncak menara-menara tinggi di setiap pelosok, memancarkan sinar hidayah Allah ....

Nah, itulah dia sedang duduk di bawah naungan sebatang pohon yang rindang berdaun rimbun, di muka rumahnya di kota Madain; sedang menceriterakan kepada shahabat-shahabatnya perjuangan berat yang dialaminya demi mencari kebenaran, dan mengisahkan kepada mereka bagaimana ia meninggalkan agama nenek moyangnya bangsa Persi, masuk ke dalam agama Nashrani dan dari sana pindah ke dalam Agama Islam. Betapa ia telah meninggalkan kekayaan berlimpah dari orang tuanya dan menjatuhkan dirinya ke dalam lembah kemiskinan demi kebebasan fikiran dan jiwanya...! Betapa ia dijual di pasar budak dalam mencari kebenaran itu, bagaimana ia berjumpa dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan iman kepadanya ...!

Marilah kita dekati majlisnya yang mulia dan kita dengarkan kisah menakjubkan yang diceriterakannya!

"Aku berasal dari Isfahan, warga suatu desa yang bernama "Ji". Bapakku seorang bupati di daerah itu, dan aku merupakan makhluq Allah yang paling disayanginya. Aku membaktikan diri dalam agama majusi, hingga diserahi tugas sebagai penjaga api yang bertanggung jawab atas nyalanya dan tidak membiarkannya padam.

Bapakku memiliki sebidang tanah, dan pada suatu hari aku disuruhnya ke sana. Dalam perjalanan ke tempat tujuan, aku lewat di sebuah gereja milik kaum Nashrani. Kudengar mereka sedang sembahyang, maka aku masuk ke dalam untuk melihat apa yang mereka lakukan. Aku kagum melihat cara mereka sembahyang, dan kataku dalam hati: "Ini lebih baik dari apa yang aku anut selama ini!" Aku tidak beranjak dari tempat itu sampai matahari terbenam, dan tidak jadi pergi ke tanah milik bapakku serta tidak pula kembali pulang, hingga bapak mengirim orang untuk menyusulku.

Karena agama mereka menarik perhatianku, kutanyakan kepada orang-orang Nashrani dari mana asal-usul agama mereka. "Dari Syria", ujar mereka.

Ketika telah berada di hadapan bapakku, kukatakan kepadanya: "Aku lewat pada suatu kaum yang sedang melakukan upacara sembahyang di gereja. Upacara mereka amat mengagumkanku. Kulihat pula agama mereka lebih baik dari agama kita". Kami pun bersoal-jawab melakukan diskusi dengan bapakku dan berakhir dengan dirantainya kakiku dan dipenjarakannya diriku ....

Kepada orang-orang Nashrani kukirim berita bahwa aku telah menganut agama mereka. Kuminta pula agar bila datang rombongan dari Syria, supaya aku diberi tahu sebelum mereka kembali, karena aku akan ikut bersama mereka ke sana. Permintaanku itu mereka kabulkan, maka kuputuskan rantai. Lalu meloloskan diri dari penjara dan menggabungkan diri kepada rombongan itu menuju Syria.

Sesampainya di sana kutanyakan seorang ahli dalam agama itu, dijawabnya bahwa ia adalah uskup pemilik gereja. Maka datanglah aku kepadanya, kuceriterakan keadaanku. Akhirnya tinggallah aku bersamanya sebagai pelayan, melaksanakan ajaran mereka dan belajar, Sayang uskup ini seorang yang tidak baik beragamanya, karena dikumpulkannya sedekah dari orang-orang dengan alasan untuk dibagikan, ternyata disimpan untuk dirinya pribadi. Kemudian uskup itu wafat ....dan mereka mengangkat orang lain sebagai gantinya. Dan kulihat tak seorang pun yang lebih baik beragamanya dari uskup baru ini. Aku pun mencintainya demikian rupa, sehingga hatiku merasa tak seorang pun yang lebih kucintai sebelum itu dari padanya.

Dan tatkala ajalnya telah dekat, tanyaku padanya: "Sebagai anda maklumi, telah dekat saat berlakunya taqdir Allah atas diri anda. Maka apakah yang harus kuperbuat, dan siapakah sebaiknya yang harus kuhubungi. "Anakku!", ujamya: "tak seorang pun menurut pengetahuanku yang sama langkahnya dengan aku, kecuali seorang pemimpin yang tinggal di Mosul".

Lalu tatkala ia wafat aku pun berangkat ke Mosul dan menghubungi pendeta yang disebutkannya itu. Kuceriterakan kepadanya pesan dari uskup tadi dan aku tinggal bersamanya selama waktu yang dikehendaki Allah.

Kemudian tatkala ajalnya telah dekat pula, kutanyakan kepadanya siapa yang harus kuturuti. Ditunjukkannyalah orang shalih yang tinggal di Nasibin. Aku datang kepadanya dan ku ceriterakan perihalku, lalu tinggal bersamanya selama waktu yang dikehendaki Allah pula.

Tatkala ia hendak meninggal, kubertanya pula kepadanya. Maka disuruhnya aku menghubungi seorang pemimpin yang tinggal di 'Amuria, suatu kota yang termasuk wilayah Romawi.

Aku berangkat ke sana dan tinggal bersamanya, sedang sebagai bekal hidup aku berternak sapi dan kambing beberapa ekor banyaknya.

Kemudian dekatlah pula ajalnya dan kutanyakan padanya kepada siapa aku dipercayakannya. Ujarnya: "Anakku.' Tak seorang pun yang kukenal serupa dengan kita keadaannya dan dapat kupercayakan engkau padanya. Tetapi sekarang telah dekat datangnya masa kebangkitan seorang Nabi yang mengikuti agama Ibrahim secara murni. la nanti akan hijrah he suatu tempat yang ditumbuhi kurma dan terletak di antara dua bidang tanah berbatu-batu hitam. Seandainya kamu dapat pergi ke sana, temuilah dia, la mempunyai tanda-tanda yang jelas dan gamblang: ia tidak mau makan shadaqah, sebaliknya bersedia menerima hadiah dan di pundaknya ada cap kenabian yang bila kau melihatnya, segeralah kau mengenalinya':

Kebetulan pada suatu hari lewatlah suatu rombongan berkendaraan, lalu kutanyakan dari mana mereka datang. Tahulah aku bahwa mereka dari jazirah Arab, maka kataku kepada mereka: "Maukah kalian membawaku ke negeri kalian, dan sebagai imbalannya kuberikan kepada kalian sapi-sapi dan kambing-kambingku ini?" "Baiklah", ujar mereka.

Demikianlah mereka membawaku serta dalam perjalanan hingga sampai di suatu negeri yang bernama Wadil Qura. Di sana aku mengalami penganiayaan, mereka menjualku kepada seorang yahudi. Ketika tampak olehku banyak pohon kurma, aku berharap kiranya negeri ini yang disebutkan pendeta kepadaku dulu, yakni yang akan menjadi tempat hijrah Nabi yang ditunggu. Ternyata dugaanku meleset.

Mulai saat itu aku tinggal bersama orang yang membeliku, hingga pada suatu hari datang seorang yahudi Bani Quraizhah yang membeliku pula daripadanya. Aku dibawanya ke Madinah, dan demi Allah baru saja kulihat negeri itu, aku pun yakin itulah negeri yang disebutkan dulu.

Aku tinggal bersama yahudi itu dan bekerja di perkebunan kurma milik Bani Quraizhah, hingga datang saat dibangkitkannya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang datang ke Madinah dan singgah pada Bani 'Amar bin 'Auf di Quba.

Pada suatu hari, ketika aku berada di puncak pohon kurma sedang majikanku lagi duduk di bawahnya, tiba-tiba datang seorang yahudi saudara sepupunya yang mengatakan padanya:

"Bani Qilah celaka! Mereka berkerumun mengelilingi seorang laki-laki di Quba yang datang dari Mekah dan mengaku sebagai Nabi Demi Allah, baru saja ia mengucapkan kata-kata itu, tubuhku-pun bergetar keras hingga pohon kurma itu bagai bergoncang dan hampir saja aku jatuh menimpa majikanku. Aku segera turun dan kataku kepada orang tadi:

"Apa kata anda?" Ada berita apakah?" Majikanku mengangkat tangan lalu meninjuku sekuatnya, serta bentaknya: "Apa urusanmu dengan ini, ayoh kembali ke pekerjaanmu!" Maka aku pun kembalilah bekerja ...

Setelah hari petang, kukumpulkan segala yang ada padaku, lalu keluar dan pergi menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di Quba. Aku masuk kepadanya ketika beliau sedang duduk bersama beberapa orang anggota rombongan. Lalu kataku kepadanya: "Tuan-tuan adalah perantau yang sedang dalam kebutuhan. Kebetulan aku mempunyai persediaan makanan yang telah kujanjikan untuk sedeqah. Dan setelah mendengar keadaan tuan-tuan, maka menurut hematku, tuan-tuanlah yang lebih layak menerimanya, dan makanan itu kubawa ke sini". Lalu makanan itu kutaruh di hadapannya.

"Makanlah dengan nama Allah". sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kepada para shahabatnya, tetapi beliau tak sedikit pun mengulurkan tangannya menjamah makanan itu. "Nah, demi Allah!" kataku dalam hati, inilah satu dari tanda-tandanya... bahwa ia tak mau memakan harta sedeqah':

Aku kembali pulang, tetapi pagi-pagi keesokan harinya aku kembali menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sambil membawa makanan, serta kataku kepadanya: "Kulihat tuan tak hendak makan sedeqah, tetapi aku mempunyai sesuatu yang ingin kuserahkan kepada tuan sebagai hadiah'', lalu kutaruh makanan di hadapannya. Maka sabdanya kepada shahabatnya:
'Makanlah dengan menyebut nama Allah ! ' Dan beliaupun turut makan bersama mereka. "Demi Allah': kataku dalam hati, inilah tanda yang kedua, bahwa ia bersedia menerima hadiah ':

Aku kembali pulang dan tinggal di tempatku beberapa lama. Kemudian kupergi mencari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan kutemui beliau di Baqi', sedang mengiringkan jenazah dan dikelilingi oleh shahabat-shahabatnya. Ia memakai dua lembar kain lebar, yang satu dipakainya untuk sarung dan yang satu lagi sebagai baju.

Kuucapkan salam kepadanya dan kutolehkan pandangan hendak melihatnya. Rupanya ia mengerti akan maksudku, maka disingkapkannya kain burdah dari lehernya hingga nampak pada pundaknya tanda yang kucari, yaitu cap henabian sebagai disebutkan oleh pendeta dulu.

Melihat itu aku meratap dan menciuminya sambil menangis. Lalu aku dipanggil menghadap oleh Rasulullah. Aku duduk di hadapannya, lalu kuceriterakan kisahku kepadanya sebagai yang telah kuceriterakan tadi.

Kemudian aku masuk Islam, dan perbudakan menjadi penghalang bagiku untuk menyertai perang Badar dan Uhud. Lalu pada suatu hari Rasulullah menitahkan padaku: 'Mintalah pada majihanmu agar ia bersedia membebashanmu dengan menerima uang tebusan."

Maka kumintalah kepada majikanku sebagaimana dititahkan Rasulullah, sementara Rasulullah menyuruh para shahabat untuk membantuku dalam soal keuangan.

Demikianlah aku dimerdekakan oleh Allah, dan hidup sebagai seorang Muslim yang bebas merdeka, serta mengambil bagian bersama Rasulullah dalam perang Khandaq dan peperangan lainnya.

Dengan kalimat-kalimat yang jelas dan manis, Salman radhiyallahu 'anhu menceriterakan kepada kita usaha keras dan perjuangan besar serta mulia untuk mencari hakikat keagamaan, yang akhirnya dapat sampai kepada Allah Ta'ala dan membekas sebagai jalan hidup yang harus ditempuhnya ....

Corak manusia ulung manakah orang ini? Dan keunggulan besar manakah yang mendesak jiwanya yang agung dan melecut kemauannya yang keras untuk mengatasi segala kesulitan dan membuatnya mungkin barang yang kelihatan mustahil? Kehausan dan kegandrungan terhadap kebenaran manakah yang telah menyebabkan pemiliknya rela meninggalkan kampung halaman berikut harta benda dan segala macam kesenangan, lalu pergi menempuh daerah yang belum dikenal -- dengan segala halangan dan beban penderitaan -- pindah dari satu daerah ke daerah lain, dari satu negeri ke negeri lain, tak kenal letih atau lelah, di samping tak lupa beribadah secara tekun ...?

Sementara pandangannya yang tajam selalu mengawasi manusia, menyelidiki kehidupan dan aliran mereka yang berbeda, sedang tujuannya yang utama tak pernah beranjak dari semula, yang tiada lain hanya mencari kebenaran. Begitu pun pengurbanan mulia yang dibaktikannya demi mencapai hidayah Allah, sampai ia diperjual belikan sebagai budak belian ...Dan akhirnya ia diberi Allah ganjaran setimpal hingga dipertemukan dengan al-Haq dan dipersuakan dengan Rasul-Nya, lalu dikaruniai usia lanjut, hingga ia dapat menyaksikan dengan kedua matanya bagaimana panji-panji Allah berkibaran di seluruh pelosok dunia, sementara ummat Islam mengisi ruangan dan sudut-sudutnya dengan hidayah dan petunjuk Allah, dengan kemakmuran dan keadilan.. .!

Bagaimana akhir kesudahan yang dapat kita harapkan dari seorang tokoh yang tulus hati dan keras kemauannya demikian rupa? Sungguh, keislaman Salman radhiyallahu 'anhu adalah keislamannya orang-orang utama dan taqwa. Dan dalam kecerdasan, kesahajaan dan kebebasan dari pengaruh dunia, maka keadaannya mirip sekali dengan Umar bin Khatthab.

Ia pernah tinggal bersama Abu Darda di sebuah rumah beberapa hari lamanya. Sedang kebiasaan Abu Darda beribadah di waktu malam dan shaum di waktu siang. Salman radhiyallahu 'anhu melarangnya berlebih-lebihan dalam beribadah seperti itu.

Pada suatu hari Salman radhiyallahu 'anhu bermaksud hendak mematahkan niat Abu Darda untuk shaum sunnat esok hari. Dia menyalahkannya: "Apakah engkau hendak melarangku shaum dan shalat karena Allah?" Maka jawab Salman radhiyallahu 'anhu: "Sesungguhnya kedua matamu mempunyai hak atas dirimu, demikian pula keluargamu mempunyai hak atas dirimu. Di samping engkau shaum, berbukalah; dan di samping melakukan shalat, tidurlah!"

Peristiwa itu sampai ke telinga Rasulullah, maka sabdanya: Sungguh Salman radhiyallahu 'anhu telah dipenuhi dengan ilmu.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sendiri sering memuji kecerdasan Salman radhiyallahu 'anhu serta ketinggian ilmunya, sebagaimana beliau memuji Agama dan budi pekertinya yang luhur. Di waktu perang Khandaq, kaum Anshar sama berdiri dan berkata: "Salman radhiyallahu 'anhu dari golongan kami". Bangkitlah pula kaum Muhajirin, kata mereka: "Tidak, ia dari golongan kami!" Mereka pun dipanggil oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan sabdanya: Salman adalah golongan kami, ahlul Bait.

Dan memang selayaknyalah jika Salman radhiyallahu 'anhu mendapat kehormatan seperti itu ...!

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu menggelari Salman radhiyallahu 'anhu dengan "Luqmanul Hakim". Dan sewaktu ditanya mengenai Salman, yang ketika itu telah wafat, maka jawabnya: "Ia adalah seorang yang datang dari kami dan kembali kepada kami Ahlul Bait. Siapa pula di antara kalian yang akan dapat menyamai Luqmanul Hakim. Ia telah beroleh ilmu yang pertama begitu pula ilmu yang terakhir. Dan telah dibacanya kitab yang pertama dan juga kitab yang terakhir. Tak ubahnya ia bagai lautan yang airnya tak pernah kering".

Dalam kalbu para shahabat umumnya, pribadii Salman radhiyallahu 'anhu telah mendapat kedudukan mulia dan derajat utama. Di masa pemerintahan Khalifah Umar radhiyallahu 'anhu ia datang berkunjung ke Madinah. Maka Umar melakukan penyambutan yang setahu kita belum penah dilakukannya kepada siapa pun juga. Dikumpulkannya para shahabat dan mengajak mereka: "Marilah kita pergi menyambut Salman radhiyallahu 'anhu!" Lalu ia keluar bersama mereka menuju pinggiran kota Madinah untuk menyambutnya ...

Semenjak bertemu dengan Rasulullah dan iman kepadanya, Salman radhiyallahu 'anhu hidup sebagai seorang Muslim yang merdeka, sebagai pejuang dan selalu berbakti. Ia pun mengalami kehidupan masa Khalifah Abu Bakar radhiyallahu 'anhu; kemudian di masa Amirul Mu'minin Umar radhiyallahu 'anhu; lalu di masa Khalifah Utsman radhiyallahu 'anhu, di waktu mana ia kembali ke hadlirat Tuhannya.

Di tahun-tahun kejayaan ummat Islam, panji-panji Islam telah berkibar di seluruh penjuru, harta benda yang tak sedikit jumlahnya mengalir ke Madinah sebagai pusat pemerintahan baik sebagai upeti ataupun pajak untuk kemudian diatur pembagiannya menurut ketentuan Islam, hingga negara mampu memberikan gaji dan tunjangan tetap. Sebagai akibatnya banyaklah timbul masalah pertanggungjawaban secara hukum mengenai perimbangan dan cara pembagian itu, hingga pekerjaan pun bertumpuk dan jabatan tambah meningkat.

Maka dalam gundukan harta negara yang berlimpah ruah itu, di manakah kita dapat menemukan Salman radhiyallahu 'anhu? Di manakah kita dapat menjumpainya di saat kekayaan dan kejayaan, kesenangan dan kemakmuran itu ...?

Bukalah mata anda dengan baik! Tampaklah oleh anda seorang tua berwibawa duduk di sana di bawah naungan pohon, sedang asyik memanfaatkan sisa waktunya di samping berbakti untuk negara, menganyam dan menjalin daun kurma untuk dijadikan bakul atau keranjang.

Nah, itulah dia Salman radhiyallahu 'anhu Perhatikanlah lagi dengan cermat! Lihatlah kainnya yang pendek, karena amat pendeknya sampai terbuka kedua lututnya. Padahal ia seorang tua yang berwibawa, mampu dan tidak berkekurangan. Tunjangan yang diperolehnya tidak sedikit, antara empat sampai enam ribu setahun. Tapi semua itu disumbangkannya habis, satu dirham pun tak diambil untuk dirinya. Katanya: "Untuk bahannya kubeli daun satu dirham, lalu kuperbuat dan kujual tiga dirham.

Yang satu dirham kuambil untuk modal, satu dirham lagi untuk nafkah keluargaku, sedang satu dirham sisanya untuk shadaqah. Seandainya Umar bin Khatthab radhiyallahu 'anhu melarangku berbuat demikian, sekali-kali tiadalah akan kuhentikan!"

Lalu bagaimana wahai ummat Rasulullah? Betapa wahai peri kemanusiaan, di mana saja dan kapan saja? Ketika mendengar sebagian shahabat dan kehidupannya yang amat bersahaja, seperti Abu Bakar, Umar, Abu Dzar radhiyallahu 'anhum dan lain-lain; sebagian kita menyangka bahwa itu disebabkan suasana lingkungan padang pasir, di mana seorang Arab hanya dapat menutupi keperluan dirinya secara bersahaja.

Tetapi sekarang kita berhadapan dengan seorang putera Persi, suatu negeri yang terkenal dengan kemewahan dan kesenangan serta hidup boros, sedang ia bukan dari golongan miskin atau bawahan, tapi dari golongan berpunya dan kelas tinggi. Kenapa ia sekarang menolak harta, kekayaan dan kesenangan; bertahan dengan kehidupan bersahaja, tiada lebih dari satu dirham tiap harinya, yang diperoleh dari hasil jerih payahnya sendiri.. .? kenapa ditolaknya pangkat dan tak bersedia menerimanya?

Katanya: "Seandainya kamu masih mampu makan tanah asal tak membawahi dua orang manusia --, maka lakukanlah!" Kenapa ia menolak pangkat dan jabatan, kecuali jika mengepalai sepasukan tentara yang pergi menuju medan perang? Atau dalam suasana tiada seorang pun yang mampu memikul tanggung jawab kecuali dia, hingga terpaksa ia melakukannya dengan hati murung dan jiwa merintih? Lalu kenapa ketika memegang jabatan yang mesti dipikulnya, ia tidak mau menerima tunjangan yang diberikan padanya secara halal?

Diriwayatkan oleh Hisyam bin Hisan dari Hasan: "Tunjangan Salman radhiyallahu 'anhu sebanyak lima ribu setahun, (gambaran kesederhanaannya) ketika ia berpidato di hadapan tigapuluh ribu orang separuh baju luarnya (aba'ah) dijadikan alasduduknya dan separoh lagi menutupi badannya. Jika tunjangan keluar, maka dibagi-bagikannya sampai habis, sedang untuk nafqahnya dari hasil usaha kedua tangannya".

Kenapa ia melakukan perbuatan seperti itu dan amat zuhud kepada dunia, padahal ia seorang putera Persi yang biasa tenggelam dalam kesenangan dan dipengaruhi arus kemajuan? Marilah kita dengar jawaban yang diberikannya ketika berada di atas pembaringan menjelang ajalnya, sewaktu ruhnya yang mulia telah bersiap-siap untuk kembali menemui Tuhannya Yang Maha Tinggi lagi Maha Pengasih.

Sa'ad bin Abi Waqqash datang menjenguknya, lalu Salman radhiyallahu 'anhu menangis. "Apa yang anda tangiskan, wahai Abu Abdillah",') tanya Sa'ad, "padahal Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam wafat dalam keadaan ridla kepada anda?" "Demi Allah, ujar Salman radhiyallahu 'anhu, "daku menangis bukanlah karena takut mati ataupun mengharap kemewahan dunia, hanya Rasulullah telah menyampaikan suatu pesan kepada kita, sabdanya:

Hendaklah bagian masing-masingmu dari kekayaan dunia ini seperti bekal seorang pengendara, padahal harta milikku begini banyaknya"

Kata Sa'ad: "Saya perhatikan, tak ada yang tampak di sekelilingku kecuali satu piring dan sebuah baskom. Lalu kataku padanya: "Wahai Abu Abdillah, berilah kami suatu pesan yang akan kami ingat selalu darimu!" Maka ujamya: "Wahai Sa'ad!

Ingatlah Allah di kala dukamu, sedang kau derita. Dan pada putusanmu jika kamu menghukumi. Dan pada saat tanganmu melakukan pembagian".

Rupanya inilah yang telah mengisi kalbu Salman radhiyallahu 'anhu mengenai kekayaan dan kepuasan. Ia telah memenuhinya dengan zuhud terhadap dunia dan segala harta, pangkat dengan pengaruhnya; yaitu pesan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kepadanya dan kepada semua shahabatnya, agar mereha tidak dikuasai oleh dunia dan tidak mengambil bagian daripadanya, kecuali sekedar bekal seorang pengendara.

Salman radhiyallahu 'anhu telah memenuhi pesan itu sebaik-baiknya, namun air matanya masih jatuh berderai ketika ruhnya telah siap untuk berangkat; khawatir kalau-kalau ia telah melampaui batas yang ditetapkan. Tak terdapat di ruangannya kecuali sebuah piring wadah makannya dan sebuah baskom untuk tempat minum dan wudlu .:., tetapi walau demikian ia menganggap dirinya telah berlaku boros .... Nah, bukankah telah kami ceritakan kepada anda bahwa ia mirip sekali dengan Umar?

Pada hari-hari ia bertugas sebagai Amir atau kepala daerah di Madain, keadaannya tak sedikit pun berubah. Sebagai telah kita ketahui, ia menolak untuk menerima gaji sebagai amir, satu dirham sekalipun. Ia tetap mengambil nafkahnya dari hasil menganyam daun kurma, sedang pakaiannya tidak lebih dari sehelai baju luar, dalam kesederhanaan dan kesahajaannya tak berbeda dengan baju usangnya.

Pada suatu hari, ketika sedang berjalan di suatu jalan raya, ia didatangi seorang laki-laki dari Syria yang membawa sepikul buah tin dan kurma. Rupanya beban itu amat berat, hingga melelahkannya. Demi dilihat olehnya seorang laki-laki yang tampak sebagai orang biasa dan dari golongan tak berpunya, terpikirlah hendak menyuruh laki-laki itu membawa buah-buahan dengan diberi imbalan atas jerih payahnya bila telah sampai ke tempat tujuan. Ia memberi isyarat supaya datang kepadanya, dan Salman radhiyallahu 'anhu menurut dengan patuh. "Tolong bawakan barangku ini!", kata orang dari Syria itu. Maka barang itu pun dipikullah oleh Salman radhiyallahu 'anhu, lalu berdua mereka berjalan bersama-sama.

Di tengah perjalanan mereka berpapasan dengan satu rombongan. Salman radhiyallahu 'anhu memberi salam kepada mereka, yang dijawabnya sambil berhenti: "Juga kepada amir, kami ucapkan salam" "Juga kepada amir?" Amir mana yang mereka maksudkan?" tanya orang Syria itu dalam hati. Keheranannya kian bertambah ketika dilihatnya sebagian dari anggota rombongan segera menuju beban yang dipikul oleh Salman radhiyallahu 'anhu dengan maksud hendak menggantikannya, kata mereka: "Berikanlah kepada kami wahai amir!"

Sekarang mengertilah orang Syria itu bahwa kulinya tiada lain Salman al-Farisi radhiyallahu 'anhu, amir dari kota Madain. Orang itu pun menjadi gugup, kata-kata penyesalan dan permintaan maaf bagai mengalir dari bibirnya. Ia mendekat hendak menarik beban itu dari tangannya, tetapi Salman radhiyallahu 'anhu menolak, dan berkata sambil menggelengkan kepala: "Tidak, sebelum kuantarkan sampai ke rumahmu!

Suatu ketika Salman radhiyallahu 'anhu pernah ditanyai orang: Apa sebabnya anda tidak menyukai jabatan sebagai amir? Jawabnya: "Karena manis wahtu memegangnya tapi pahit waktu melepaskannya!"

Pada waktu yang lain, seorang shahabat memasuki rumah Salman radhiyallahu 'anhu, didapatinya ia sedang duduk menggodok tepung, maka tanya shahabat itu: Ke mana pelayan? Ujarnya: "Saya suruh untuk suatu keperluan, maka saya tak ingin ia harus melakukan dua pekerjaan sekaligus''

Apa sebenarnya yang kita sebut "rumah" itu? Baiklah kita ceritakan bagaimana keadaan rumah itu yang sebenamya. Ketika hendak mendirikan bangunan yang berlebihan disebut sebagai "rumah'' itu, Salman radhiyallahu 'anhu bertanya kepada tukangnya: "Bagaimana corak rumah yang hendak anda dirikan?" Kebetulan tukang bangunan ini seorang 'arif bijaksana, mengetahui kesederhanaan Salman radhiyallahu 'anhu dan sifatnya yang tak suka bermewah mewah. Maka ujarnya: "Jangan anda khawatir! rumah itu merupakan bangunan yang dapat digunakan bernaung di waktu panas dan tempat berteduh di waktu hujan. Andainya anda berdiri, maka kepala anda akan sampai pada langit-langitnya; dan jika anda berbaring, maka kaki anda akan terantuk pada dindingnya". "Benar", ujar Salman radhiyallahu 'anhu, "seperti itulah seharusnya rumah yang akan anda bangun!"

Tak satu pun barang berharga dalam kehidupan dunia ini yang digemari atau diutamakan oleh Salman radhiyallahu 'anhu sedikit pun, kecuali suatu barang yang memang amat diharapkan dan dipentingkannya, bahkan telah dititipkan kepada isterinya untuk disimpan di tempat yang tersembunyi dan aman.

Ketika dalam sakit yang membawa ajalnya, yaitu pada pagi hari kepergiannya, dipanggillah isterinya untuk mengambil titipannya dahulu. Kiranya hanyalah seikat kesturi yang diperolehnya waktu pembebasan Jalula dahulu. Barang itu sengaja disimpan untuk wangi-wangian di hari wafatnya. Kemudian sang isteri disuruhnya mengambil secangkir air, ditaburinya dengan kesturi yang dikacau dengan tangannya, lalu kata Salman radhiyallahu 'anhu kepada isterinya: "Percikkanlah air ini ke sekelilingku... Sekarang telah hadir di hadapanku makhluq Allah') yang tiada dapat makan, hanyalah gemar wangi-wangian Setelah selesai, ia berkata kepada isterinya: "Tutupkanlah pintu dan turunlah!" Perintah itu pun diturut oleh isterinya.

Dan tak lama antaranya isterinya kembali masuk, didapatinya ruh yang beroleh barkah telah meninggalkan dunia dan berpisah dari jasadnya ... Ia telah mencapai alam tinggi, dibawa terbang oleh sayap kerinduan; rindu memenuhi janjinya, untuk bertemu lagi dengan Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan dengan kedua shahabatnya Abu Bakar dan Umar, serta tokoh-tolroh mulia lainnya dari golongan syuhada dan orang-orang utama ....

Salman radhiyallahu 'anhu .... Lamalah sudah terobati hati rindunya Terasa puas, hapus haus hilang dahaga. Semoga Ridla dan Rahmat Allah menyertainya.

1) yang dimaksud makhluq Allah di sini, Malaikat.
Salman Al-Farisi RA. Sang Pencari Kebenaran PDF Cetak E-mail
Penilaian pengguna: / 4
JelekBagus sekali 
Ditulis oleh Husam Suhaemi   
Sunday, 04 June 2006
Terakhir diperbaharui ( Sunday, 04 June 2006 )
< Sebelumnya   Selanjutnya >

Number of comments (0) - Add your comments to this article...

You are not authorized to leave comments - please login.
 
Nyeletuk
Pesan Terakhir: 1 tahun, 9 bulan yg lalu
  • Arri : gnteng pak husam lagi semangat muda
  • husam : halo kang eNyoY.. kamana wae euy.. ayeuna tinggal dimana?
  • eNyOY : haloo dalang cepot kumaha damang?
  • Machakuwa : Blognya bagus pak penuh inspirasi (y)
  • bangher : web yg menarik perhatian saya
  • shanz : kasih tao aque perintah dasar vektor linux
  • shanz : hbisny ne tugas buat aque :)
  • shanz : apa asaja sih perintah perintah vektor linux
  • Debi : nitip www.internetbogor.com
  • guest_3456 : sugeng maos

Daftar Artikel
Manfaat Sholat Tahajud Sholat Tahajjud ternyata tak hanya membuat seseorang yang melakukannya mendapatkan tempat (maqam) terpuji di sisi Allah (Qs Al-Isra:79) tapi juga sangat penting bagi dunia kedokteran. Menurut hasil penelitian Mohammad Sholeh, dosen IAIN Surabaya, salah satu shalat sunah itu bisa membebaskan seseorang dari serangan infeksi dan penyakit kanker.
Sumber: Milist


Kamus China - Sunda Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Kisah di Asrama Putri... Humor lagi dari milist...
Penulis asli Anonymous


Agus dan Budi Cerita lucu ttg Agus dan Budi dari Milist
Penulis asli Anonymous


Telepon Emas Humor menyindir Penguasa Orde Baru...
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Panduan Merayu Sumber: milist / anonymous
Panduan merayu buat jomblowans.
Buat jomblowatis, atau yg lagi niatan selingkuh,
boleh di coba..he he


Dongeng dari Jepang Sumber:
http://www.beritaiptek.com/zberita-beritaiptek-2006-09-13-Dongeng-dari-Jepang.shtml


Catatan Perjalanan
Dongeng dari Jepang

Oleh Yuli Setyo Indartono



Memo ter-enkripsi Sumber: milist / anonymous
Sebuah contoh bagaimana mengenkripsikan surat.. :)


Hormati Azan HUBUNGAN ANTARA AZAN & NAZAK (saat Sakaratul maut)
Dari berbagai sumber


Renungkanlah wahai sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah SWT, mengapa lidah kelu di saat kematian? Tetapi kematian itu pasti menjelma. Hanya masa dan waktunya yang tidak kita ketahui.

Coba kita amati. Mengapa kebanyakan orang yang nazak, hampir ajalnya tidak dapat berkata apa-apa.. Lidahnya kelu, keras dan hanya mimik mukanya yang menahan kesakitan 'sakaratul maut'. Diriwayatkan sebuah hadist yg bermaksud: "Hendaklah kamu mendiamkan diri ketika azan, jika tidak Allah akan kelukan lidahnya ketika maut menghampirinya."



Untuk Yang membutuhkan Account GMAIL Untuk yang membutuhkan account gmail silahkan buka link ini.
Masih ada 95 account lagi bagi yang membutuhkan.
Hubungi saya bila account ini sudah dibuka orang..




Seorang Anak Mencoba Meracuni Adiknya Sendiri... Sumber: milist / anonymous
  Kayaknya emang dunia dah semakin kacau ya! bayangkan, seorang anak, sebut  saja namanya Dana, cowok, tega2nya mencoba meracuni Adiknya  sendiri yang  baru lahir.. Hal naas ini terjadi di keluarga Suroyo,  yang tinggal di  bilangan jakarta selatan..



Kisah Nenek Pemungut Daun Sumber: milist
tulisan asli dari: buku "Rindu Rosul"
Karangan Jalaluddin Rakhmat,
Penerbit Rosda Bandung,  hal 31-33.
Cetakan pertama September 2001.

Ini ada kisah menarik dari sebuah buku Rindu Rosul. Semoga menjadikan kita semakin mencintai Nabi Muhammad, Rosululloh SAW.


Gara² salah pencet tombol Gara² Tukijo salah pijit tuts keyboard, kirim email mustinya ke Tugiyem@wonosobo.co.id jadinya Rugiyem@wonosobo.co.id. Maklum jarinya tukang kayu segede jempol, T dengan R kan dempetan.

Sumber: milist/anonymous


Alasan Jatuh Cinta Sebuah artikel dengan judul Alasan Jatuh Cinta yang didapat dari Milist oleh seorang penulis bernama Dyan.


Cinta & Waktu Nice article...
 Source: Milist/Anonymous

Alkisah di suatu pulau kecil, tinggallah berbagai macam benda-benda abstrak.Ada Cinta, Kesedihan, Kekayaan, Kegembiraan, dan sebagainya. Mereka hidup berdampingan dengan baik. Namun suatu ketika, datang badai menghempas pulau kecil itu dan air laut tiba-tiba naik dan akan menenggelamkan pulau itu.


Lelaki yang Gelisah Kisah yang menyentuh, tentang pergulatan antara desakan kebutuhan dan nurani.
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Salman Al-Farisi RA. Sang Pencari Kebenaran Kisah Shabat Rosul

SALMAN AL-FARISI RADHIYALLAHU 'ANHU

(Pencari Kebenaran)

Sumber: Milist/Anonymous


Hasrat Buat Anda para wanita, ini ada sharing pengalaman seorang teman. Mudah-mudahan bermanfaat untuk mawas diri.
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Pria vs Cowok Sumber: milist/anonymous

P R I V A S I C O W O K


Tidak semua pria dewasa menjadi 'pria', ada juga yang masih begitu kekanakan setelah umurnya mencapai 40.
Tenaaaang, jangan keburu marah dulu dengan kenyataan ini, mungkin memang sebagian orang dilahirkan untuk jadi 'pria', tapi memang ada juga yang cukup menjadi 'cowok' saja.
Sekali lagi, jangan kawatir, terima saja diri Anda sebagai pria (P) atau sebagai cowok (C), toh semua punya nilai lebih dan kurang tersendiri.


Be Careful Ladies.... Khususnya untuk Perempuan.. baca informasi ini agar dapat berhati-hati dari ulah jahil akibat kemajuan teknologi.
Sumber:
www.media-indonesia.com


Load Balancing with Fail Over Mikrotik 2.9.6 Tutorial berikut ini mencoba menjelaskan bagaimana membuat system Load Balancing dengan Fail Over menggunakan Mikrotik 2.9.6.

Tanpa ada maksud buruk apapun melainkan hanya untuk berbagi pengetahuan, saya mohon maaf kepada ISP Diginet yang dalam tulisan ini mencantumkan IP Address yang diberikan.



Daun Ketela Pohon Sumber:
Johan
PT. Ayam Goreng Fatmawati Indonesia (Franchise System)
Jl. Ir. H. Juanda No. 8, Bogor 16121
Telp. +62251-347620, +62251-350400 ext. 59
Fax. +62251-347608
e-mail. info@fatmawati.com
www.fatmawati.com


Test untuk Calon Suami Sekedar Selingan... he he he..
Sumber: Milist
Penulist: Anonymous


Keutamaan Sholat Dhuha Dari milist cinta-rasul@yahoogroups.com / cinta-rasul@googlegroups.com
Penulis: yaa_siin_36@yahoo.co.id

Keutamaan Sholat Dhuha

Sunat Dhuha adalah salah satu shalat sunat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka adalah kebaikan bagi kita untuk mengetahui sunnah ini.


Tentang Saya... Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Tak Kenal Maka Tak Sayang...

Oleh karenanya, pada bagian ini saya akan mencoba memperkenalkan diri saya kepada pembaca sekalian...



COUNTRY CODES Untuk yg membutuhkan kode negara-negara di dunia dalam domain name system.



10 Macam orang yang Sholatnya ditolak Narasumber : Kitab "Nasho-ihul 'Ibad"


10 Macam orang yang Sholatnya ditolak


1.. Sholat sendiri tanpa baca Fatihah


Injeksi Telephone Lokal Sekedar coba-cob tapi cukup ampuh, bagi kamu yang suka bereksperimen
suatu hari kamu ingin menelepon dari rumah, tiba-tiba
telephone rumah kamu dikunci oleh emak...waksssssss karena ketauan sering make buat telpn pacar oleh kamu :~P.
thingking ! cari kunci, diumpetin. Minta emak diomelin.
saatnya injeksi.
this is just for education, outside that no the writer's responsibility



Kakekku duduk di pojok Teman, anak-anak adalah persepsi dari kita. Mata mereka akan selalu mengamati, telinga mereka akan selalu menyimak, dan pikiran mereka akan selalu mencerna setiap hal yang kita lakukan. Mereka ada peniru. Jika mereka melihat kita memperlakukan orang lain dengan sopan, hal itu pula yang akan dilakukan oleh mereka saat dewasa kelak.
Orangtua yang bijak, akan selalu menyadari, setiap "bangunan jiwa" yang disusun, adalah pondasi yang kekal buat masa depan anak-anak. Mari, susunlah bangunan itu dengan bijak. Untuk anak-anak kita, untuk masa depan kita, untuk semuanya. Sebab, untuk mereka lah kita akan selalu belajar, bahwa berbuat baik pada orang lain, adalah sama halnya dengan tabungan masa depan.
Sumber: Milist
Penulis: Gin Hoa  1972


Bermain-main dengan Registry Ms. Windows XP

Beberapa tips dan registry dibawah ini hanya berlaku buat Windows XP.
Sebelum mengutak-atik Registry, ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu.


Benarkah Poligami Sunah..? Benarkah Poligami Sunah..?
Oleh Faqihuddin Abdul Kodir
13/05/2003


Blocking Situs Porno dengan DansGuardian Pengantar:

Pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE), dalam pasal 27 ayat 1 mengatur bahwa pornografi dilarang peredarannya di internet.




Kabayan dan Profesor Cerita Humor ttg Kabayan
Penulis Anonymous


Toko Calon Suami Sumber: milist/anonymous
TOKO CALON SUAMI

Sebuah toko yang menjual calon suami baru saja dibuka di New York dimana wanita dapat memilih calon suaminya. Di antara instruksi2 yang ada di pintu masuk terdapat instruksi yang menunjukkan bagaimana aturan main untuk masuk toko tersebut.

"Anda hanya dapat mengunjungi toko ini SATU KALI"


Asal Usul Nama Indonesia Dari Milist

Asal Usul Nama Indonesia
Oleh IRFAN ANSHORY



Cinta Sejati Sumber: Milist / Anonymous


Dilihat dari usianya beliau sudah tidak muda lagi, usia yg sudah senja bahkan sudah mendekati malam, Pak Suyatno 58 tahun kesehariannya diisi dengan merawat istrinya yang sakit istrinya juga sudah tua. mereka menikah sudah lebih 32 tahun



Berperang Ala Sayyidina 'Ali RA Sebuah kisah teladan dari Sayyidina 'Ali RA bagaimana ia membedakan antara perang yang sesungguhnya dan hawa nafsu.

Ya Allah, semoga Engkau mengingatkan aku seperti halnya Engkau mengingatkan beliau.



Balas Dendam Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Segelas Susu Sumber: milist / anoymous
Sebuah cerita yang mengingatkan kita bahwa selalu ada balasan untuk setiap kebaikan.
Selamat membaca...


Sifat Umum dan Perilaku Sex berdasarkan Golongan Darah Sekedar intermezo... jangan diambil pusing.. :p~
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Telat Sasasih Sumber: milist urangsunda@yahoogroups.com


Hiji poe, Euis nyambut carogena nu mulih ti kantor bari semu sugema. Panganten anyar carita.

"Kang� abdi telat sasasih. Urang baris gaduh orok." Ceuk Euis. "Tadi tes ka dokter. Tapi ulah waka ngawartosan sasaha, bilih teu janten."



Cerpen: Autumn in Sidney Cerpen menarik dari Aussie.
Penulis Anonymous


Linux Server Internet Gateway Just share knowladge, if there some mistake mail me to
sidik.pujiarahman@gmail.com. Pada paper ini penulis
menggunakan linux fedora core.

Example, idea from warnet!.
1.Router ADSL dll.
2.komputer Linux Fedora Core (sebagai server)+ 2 line card:
a.eth0, Line external ---> to router
b.eth1, Line Internal ---> to switch
3.Switch / Hub.
4.Komputer Client.



Puluhan Tahun, Deep Throat Akhirnya Terungkap Sumber: Milist
Penulis: ....


Buku Telpon Buku Telpon berbasis PHP-MySQL
Silahkan download...
di sini


Bila Ibu Boleh Memilih Puisi tentang Seorang Ibu.
Sumber: milist
Penulis: Anonymous


Pare sebagai Anti HIV-AIDS Sumber:
Johan
0813 1917 8155
PT. Ayam Goreng Fatmawati Indonesia (Franchise)
Hotel Salak The Heritage Lt. 2
Jl. Ir. H. Juanda No. 8, Bogor 16121
Telp. 0251-347620, 0251-350400 ext. 59
Fax. 0251-347608
e-mail. info@fatmawati.com
www.fatmawati.com

Cara Mudah Mencegah Kanker Sepertinya semakin sering kita mendengar orang terkena kanker. Tentunya ada perasaan takut dan was-was, jangan-jangan diri kita adalah calon penderita kanker.

Penelitian oleh Institute Kanker Nasional AS menyebutkan tiga puluh persen kasus kanker disebabkan oleh rokok dan sekitar 35 - 50 persen kasus kanker disebabkan oleh makanan. Tapi, kapan sih kita dapat terkena kanker?

Sumber:
Herbal Information Centre
Jl. Ir. H. Juanda No.8
telp: 0251 347620
email: indra_herbal@yahoo.com
hp: 08121807832


Gusti Allah, ora sare (Allah itu tidak pernah istirahat) Artikel menarik untuk menyegarkan batin kita kembali...
Penulis: Anonymous


Modul Mikrotik-2.8.26 Mikrotik, merupakan salah satu distro linux yang mengkhususkan diri di bidang server router terutama yang berbasis wireless. Distro ini sangat mudah diinstall dan familiar saat penggunaannya.

Pada tutorial ini, penulis mencoba membuat tutorial singkat dan tepat sehingga dalam waktu singkat pengguna awam linux sekalipun dapat menginstall dan mengkonfigurasikan mikrotik sehingga dapat digunakan sebagai gateway yang berfungsi juga sebagai bandwidth controller dan web proxy.



Sayap kiri Lalat = Racun -- Sayap kanan Lalat = Obat Maraknya kasus flu burung (Avian Influenza / AI) saat ini di negara kita ternyata telah diperingatkan oleh Rasulullah... Mau tahu lebih lanjut.. silahkan baca artikel berikut ini.
Sumber: Milist


Legaaaaa!!! Sudah lama gak posting di rumah maya-ku ini...
Sekarang mo curhat ahh...



Istimewanya wanita Saduran dari blog merahsenjakala

Istimewanya wanita

Kaum feminis bilang susah jadi wanita, lihat saja peraturan dibawah ini:


Doa Sebelum Tidur Sumber: MIlist/Anonymous


HATI-HATI mengkonsumsi MIE INSTANT! Sumber: Milist/Anonymous


Dua Pilihan Sumber: Milist/Anonymous
(cerita menarik, semoga mendapat pencerahan, selamat membaca)

Dua Pilihan

Pada sebuah jamuan makan malam pengadaan dana untuk sekolah anak-anak cacat, ayah dari salah satu anak yang bersekolah disana menghantarkan satu pidato yang tidak mungkin dilupakan oleh mereka yang menghadiri acara itu. Setelah mengucapkan salam pembukaan, ayah tersebut mengangkat satu topik:


Rahasia Silaturahmi Tahukah kalian tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun keburukan? "Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan adalah pahala orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahmi, sedangkan yang paling cepat mendatangkan keburukan ialah siksaan bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan" (HR. Ibnu Majah).

diambil dari tausiah Aa Gym, www.republika.co.id



Pernyataan Dewan Pers Ttg Playboy Indonesia Salut buat Dewan Pers...

Pernyataan Dewan Pers
Nomor 07/P-DP/IV/2006

Tentang
Penerbitan Majalah PLAYBOY Indonesia




Bosan Hidup Adakalanya seseorang pada fase tertentu mengalami kebosanan dalam menjalani hidup. Cerita berikut ini mungkin dapat kita telaah bersama bagaimana cara mengatasi kebosanan dalam hidup.
Sumber: Milist.
Penulis: Anonymous




Pancasila Just joke..
Terjemahan bebas Pancasila dari berbagai daerah
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous

Kekaguman Seorang Suami Hahahaha...
Hihihihi...
Sumber: Milist


Kompetisi Drakula Humor lama yg sering saya dapat dari milist. Tapi tiap baca lagi pasti ngakak.... =))
Sumber: milist / anonymous


Ada 3 drakula, mereka bikin kompetisi siapa yang paling kejam dan sadis.
Drakula yang paling muda dapet kesempetan duluan. Tiba-tiba dia lari secepat kilat, terus 2 menit udah balik lagi. Mukanya penuh lumuran darah, seringainya serem. Terus dia ngomong : "Lu pade liat Desa di seberang bukit itu?"
Yang dua ngangguk, "Iya, liat"
"Desa itu .. habiissss !!!!"


Pertanyaan Seputar "Flu Burung" Reproduced from FAQ "Frequently Asked Question" of Bird Flu in WHO website, within permission. Any further reproduction of this material should be requested directly to WHO.

Oleh beritaiptek.com

Lagu Sunda yang dibajak Bule! Sumber: Milist
Ngomong2 masalah lagu barat, jadi inget inpoh nyang dulu dikasih ama karuhun gw: "Saenyana, loba kesenian sunda terutami lagu2 sunda nu enggeus di bajak ku jalma bule! Diantawisna:



Rasulullah SAW dan seorang Pengemis Yahudi Buta.. Sebuah Kisah yang menjelaskan betapa mulianya akhlaq Rasulullah SWT. Semoga kita bisa meneladaninya, Amiin...


Kisah Seorang Pemeriksa Pajak Artikel menarik dari milist...
Penulis: anonymous


RI Laksanakan Order CIA Sumber:

JAWA POS Sabtu, 19 Nov 2005

dan

Foreign Network at Front of CIA's Terror Fight
By Dana Priest
Washington Post
Friday, November 18, 2005


Tangan yang Dicium Rasulullah Tangan yang Dicium Rasulullah
Prof. DR. Jalaluddin Rakhmat

sumber : www.icc-jakarta.com


Di tepi laut, tempat para nelayan mencari nafkah, Kampung Kali Baru VI, Cilincing, Tanjung Priok, Jakarta Utara, para ibu, bapak, remaja dan anak-anak yang akan dikhitan, kurang lebih lima puluh orang, berdatangan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Di situlah tempat kegiatan pengajian Majelis Ta'lim Pondok Indah yang diketuai Budiyono, yang menjadi program syi'ar ajaran Ahlulbait Nabi SAW. Mereka disambut warga setempat dengan ramah, dan dalam melaksanakan kegiatan ini dibantu para remaja karangtaruna.



Nasi Goreng Sumbel: milist/anonymous

Hari 1. Seorang cadel ingin membeli nasi goreng yang sering mangkal didekat rumahnya.
Berita/Artikel, Humor, Nasi Goreng cadel: "bang, beli nasi goleng satu"
abang:"apa...?" (.....ngeledek.)
cadel:"Nasi Goleng!
abang:"Apaan...?(.....Ngeledek lagi.)
cadel:"Nasi Goleng!!!"
abang:"ohh nasi goleng..."
Sambil ditertawakan oleh pembeli yang lain dan pulanglah si cadel dengan sangat kesal, sesampainya di rumah dia bertekad untuk berlatih mengucapkan "nasi goreng" dengan benar. Hingga akhirnya dia mampu mengucapkan dengan baik dan benar.



Profil Anak Jkt Taon 80-an Jangan dibaca kalo lagi buru-buru...
Sumber: Milist
Penulis: Andre Eijkov [?]


Ketika Kita Tidak Cocok Lagi Petuah bagi Suami-Istri... :)
Artikel dari MyQuran.com.


Jempol Anget Sumber: Milist/Anonymous


10 KESALAH PAHAMAN TENTANG SUKSES 10 KESALAH PAHAMAN TENTANG SUKSES

(diadaptasi dari "The Top 10 Misconceptions About Success", Jim M. Allen. CoachJim.com)


Yaaaa Gituuuu deh.. Sumber: Milist/Anonymous

Darsono, Wardi, Sugeng dan Jono janjian mengadakan reuni di Restoran yang ada tempat Karaokenya. Sambil makan, mereka berempat ber-bincang2 sambil bernostalgia.
Setelah makan Darsono pamit meninggalkan teman2nya sebentar untuk nyanyi karaoke,



Mengapa Irlandia menjadi Negara ke-dua Terkaya di Eropa ? Artikel lawas.. namun berguna [bagi pemerintah!!]
By THOMAS L. FRIEDMAN
The New York Times
Published: June 29, 2005


Lebih lanjut tentang Diabetes Sumber:
Indra Harjanto


Free Consultation !
Herbal Information Centre, Dr. Liza
Hotel Salak 2nd Floor
Jl. Ir. Juanda No. 8
Bogor 16121

Telp : 0251 347620
HP: 0812 18 078 32
email : indra_herbal@yahoo.com

Wasiat Nabi Muhammad SAW kepada Sayyidinda Ali RA WASIAT NABI MUHAMMAD SAW KEPADA SAYIDINA ALI RA

Wahai Ali, bagi orang MUKMIN ada 3 tanda-tandanya:
1) Tidak terpaut hatinya pada harta benda dunia.
2) Tidak terpesona dengan setiap Bujuk rayu.
3) Benci terhadap bualan dan perkataan sia-sia..




Laptop murah MIT (cuman US$ 100) Nyampe Indonesia gak yah?...

Sumber: http://laptop.media.mit.edu/


Presiden dan Bahasa Inggris Sumber:
Suara Pembaruan - 3 Oktober 2005



Serba-serbi di Pagi Hari Sumber: Milist/Anonymous


Undangan Pernikahan Farida Fitrie Rostyaningrum Selamat berbahagia buat sahabatku...



Kata-kata Mutiara Untuk tambahan saja..
Sumber: Milist



Siapa Gerangan ? Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Pemerintah Korsel Perintahkan Microsoft Kebiri Windows Apakah pemerintah Indonesia berani dan bisa seperti ini?..
Sumber: Detik.com / Rabu, 07/12/2005 11:55 WIB

(Bukan) Pesona Pikirku tak mempesona...
itu berarti aku mengkhianati kehendak
sebuah karya agung yang t'lah diukir oleh-Mu

Walau berada nun jauh di luar
namun seolah mampu kugapai
saling membuai dalam kehangatan
bagai tahun dalam pelukan abad
atau detik demi detik yang ditelan waktu

Malam ini kupinta jangan kau terlelap
kunjungi ia yang bersinar sempurna
untuk berbagi semangat kobarkan tekad
berjanjilah untuk berada disana
hingga tiba penghujung malam
sudikah kau...

Akh.... dadaku mengalun sesuai ritme
lantunkan melodi bergumam
tak terasa... telah tiba disana


10 Anggapan Salah tentang Penyakit Jantung! Sumber: Oleh Dr.Handrawan Nadesul, Dokter Umum

1 Tamparan untuk 3 Pertanyaan Ada seorang pemuda yang lama sekolah di luar negeri, kembali ke tanah air. Sesampainya di rumah ia meminta kepada orang tuanya untuk mencari seorang guru agama, kiyai atau siapa saja yang bisa menjawab 3 pertanyaannya. Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan orang tersebut, seorang kiyai.


Doktor "Miscellaneous Causa" Sumber: milist / anonymous

Doktor "Miscellaneous Causa"

By: Nining I Soesilo
Direktur UKM Center FEUI; Alumni ITB; University of Iowa AS


Lima Rahasia Istri Sempurna Humor dari milist...
Penulis: Anonymous


Memaafkan Kesalahan Teman Memaafkan Kesalahan Teman

(DiKutip dari buku La Tahzan / Don't be sad By. Dr. A'id Abdullah Al-Qarni)

Allah SWT, berfirman: "Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf , serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh." (QS. al A'raf [7]; 199)


Khasiat Daun Salam Daun Obat Sumber : www.changjaya-abadi.com

Herbal Information Centre
CP: indra harjanto
email: indra_harjanto@yahoo.com
hp: 08121807832




DAUN terbang karena ANGIN bertiup atau karena POHON tidak memintanya untuk tinggal Tulisan menarik tentang liku-liku cinta...
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Kisah tukang Cukur Artikel menarik untuk menjelaskan keberadaan Tuhan...
Dari milist, penulis Anonymous


Perbedaan Yoi, Iya dan Ya Begitulah Sumber: Milist/Anonymous

Turis amerika yang sedang belajar Bahasa Indonesia sedang bingung, mengapa orang Indonesia, jika menjawab pertanyaan itu beda-beda seperti Yoi, Iya, dan ya begitulah.

Lalu, ia bertanya kepada seorang pejabat,



Cara Memasak Cinta Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Tahukah Anda?.. Tidak ada seekorpun burung penguin yang hidup di Kutub Utara.
Belahan bumi bagian Utara bukanlah habitat alami penguin.
Keseluruhan 17 sub spesies penguin tinggal di belahan selatan bumi.
Sumber: Milist


Memilih Nama Anak Jawa Sumber: Milist
Penulis: Anonymous
Memilih nama untuk seorang anak bukan persoalan sederhana. Di balik nama-nama terkandung doa dan harapan dari orang tua untuk masa depan si anak. Nah, nama Jawa sesungguhnya memiliki "tujuan" yang paling jelas untuk dipahami, harapan agar anaknya kelak bisa sesuai yang diharapkan.



Berbagi Pengalaman... Sumber: Milist / Anonymous

Ketika Putri mendadak memutuskan cintanya, Irfan berubah jadi pemurung. Dan ketika gadis pujaannya itu menikah diam-diam di Surabaya, Irfan betul-betul frustrasi. Dia tak mau makan-minum, sehingga akhirnya terkena tifus. Betapa ironis, ketika mantan kekasihnya tengah menikmati bulan madu di Bali, dia justru terbaring di rumah sakit. Lalu, apakah yang dapat dilakukan seorang ayah untuk menghibur anak lelakinya yang patah hati? Untuk membangkitkan kembali semangat juangnya yang hampir mati?



Orang Gila... Humor tentang orang gila,...
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Nutrisi dalam Mentimun Sumber:
Johan
PT. Ayam Goreng Fatmawati Indonesia
Hotel Salak The Heritage Lt. 2
Jl. Ir. H Juanda No. 8, Bogor 16121
Telp. +62251-347620, +62251-350400 ext. 59
Fax. +62251-347608
e-mail. info@fatmawati.com
www.fatmawati.com


Terapi Alami Untuk Membantu Menyembuhkan Stroke !! Sumber:
Free Health Consultation !!
cp: Indra Harjanto
email :indra_herbal@yahoo.com
hp: 08121807832


Harga sebuah Baju Terkadang kita hanya menilai sesuatu dari kulit luarnya saja. Cerita nyata ini mengingatkan kita untuk tidak menilai seseorang atas penampilannya. Semoga bermanfaat.

Sumber: MIlist/Anonymous


Manfaat Shalat Subuh Dari Milist
Manfaat Shalat Subuh
Oleh : Dr. dr. Barita Sitompul SpJP

Setiap pagi kalau kita tinggal didekat mesjid maka akan terbangun mendengar adzan subuh, yang menyuruh kita untuk melaksanakan shalat subuh. Bagi mereka yang beriman segera saja melemparkan selimut dan segera wudhu dan shalat baik di rumah masing-masing atau ke mushalla atau masjid terdekat dengan berjalan kaki.


Mengenali Stroke Sewaktu pesta barbeque, seorang teman terjatuh - dia   meyakinkan   semua orang yang datang kalau dia tidak apa2 (mereka menawarkan   memanggil   paramedik) dan hanya tersandung batu bata karena sepatu barunya.

Sumber: Milist / Anonymous


Anak yang Bijak Artikel lumayan untuk dibaca... tentang mengajarkan anak tentang kesederhanaan
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Link multi email non-Yahoo ke ID-Yahoo untuk akses milist Bingung punya banyak account email (non-Yahoo) di banyak milist...
Kenapa gak coba menyatukannya dalam satu buah account Yahoo.
Coba cara ini:
*Asumsi account emailbaru@gmail.com di link sebagai alternate email ke account: emailgw@yahoo.com*.



Proxy Server Just NewBiez :D, sharring knowladge. if was mistake to be forgiven,
send the message to my email address sidik.pujiarahman@gmail.com

by daky

Bawang Putih & Hipertensi Bawang putih ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan hipertensi...
silahkan simak artikel ini lebih lanjut..

Sumber: milist/anonymous


Screen Saver Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Jangan Membiasakan Menjepit Gagang Telpon Kali aja ini bisa buat pertimbangan dan pengetahuan buat kita
Sumber: MIlist
Penulis: Anonymous


Humor Preman yang Mati Humor Preman yang Mati
Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Tutorial Installasi Vector Linux + Dasar CLI Untuk yang membutuhkan Tutorial Installasi Vector Linux 5.0 + Dasar dari CLI
Silahkan download di sini

Wasiat Umamah binti Al-Harits untuk Putrinya Ummu Iyyas binti 'Auf Dari milist
Diambil dari:
As'adu -Imroatin fil 'Alam,
DR. Aidh bin Abdullah Al-Qarni, M.A



Pohon Kategori Tanggal Lahir

Termasuk kategori pohon apakah Anda ?
Sumber: milist/anonymous


Sertifikasi Gratis sampai 31 Mei 2006 Dear all...
Ada info menarik khususnya untuk praktisi IT.
Brainbench.com sedang membuka program sertifikasi gratis.
Silahkan daftar ke Brainbench.com.
Lumayan... dapat sertifikasi gratis...

Sebagai bukti ini hasil saya test semalem.. lumayan lulus semua... :)


Dijual Rumah di Jln. Tegallega, Bogor Mungkin ada yang berminat..
Dijual Rumah dengan Luas Tanah: 357 M² dan Luas Bangunan: 200 M².
Lokasi pinggir jalan.  Lima Menit dari Terminal Bis Baranangsiang Bogor.
Fasilitas:
Listrik: 2200 Watt.
Telepon. Air PAM & Sumur.
Kamar Tidur: 7.
Kamar Mandi: 4.
Sertifikat Hak Milik.
Harga: 550 jt Rupiah (nego).
Peminat Serius hubungi: Husam Suhaemi (0813-1402-3012).

Tanpa Perantara!!.


Denah ke Ciomas Dear all...
Bagi yang memiliki waktu luang mari kita silaturanhmi di acara Resepsi pernikahan Adik saya (Nia Husnia) yang akan diadakan di Ciomas pada hari Sabtu, 06 Januari 2007.

Berikut ini denahnya....
Untuk yang mo print silahkan tekan icon print di pojok kanan atas artikel ini.
Ato kalo kesulitan bisa juga di save dulu ke pdf.. :)

Ditunggu kehadirannya



Tilangku (yang pertama)

Semalam (10-07-2008) kira-kira pkl 19:30 WIB saya dan rekan-rekan dalam perjalanan pulang dari Bogor menuju Cinere melewati Grand Depok City (Kota Kembang). Malam sebelumnya melewati jalan yang sama, jalur (kiri) untuk menuju ke Depok ditutup oleh palang balok karena sedang ada perbaikan jalan, jadi terpaksa ambil jalur kanan.



Bobodoran Sunda Sumber: Milist
Penulis: Keroyokan


Download NFSP!

Cinta Pilih Tebu Sumber: Milist
Penulis: Anonymous


Baca Juga...
Yg Online
Saat ini terdapat 61 pengunjung online
Statistik
Anggota: 182
Berita/Artikel: 148
Web Links: 13
Total Pengunjung: 21470897

Site Meter

Registered User #336615